PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3049Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat paket modul pembelajaran kooperatif lingkungan pembelajaran Think Pair Share yang memenuhi kriteria validitas, praktik dan efektifitas. Penelitian ini adalah Pengembangan Modul menggunakan Thiagarajan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket modul Sahih/valid, praktis dan efektif berdasarkan expert judgement dan hasil uji coba terbatas. Validitas paket modul matematika berdasarkan validasi ahli telah memenuhi kriteria Sahih, yaitu validitas koefisien Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 100%, validitas modul matematika sebesar 85%, dan validitas koefisien sebesar THB sebesar 83,3%. hal ini menunjukkan bahwa paket modul matematika berada dalam kategori valid. Kepraktisan paket berdasarkan pengamatan pelaksanaan paket telah memenuhi kategori terlaksana sepenuhnya. Keefektifan paket telah memenuhi empat indikator keefektifan, yang dihasilkan dari persentase kelulusan klasikal dengan hasil belajar 90,1%, terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, respon positif dari 80% siswa dalam pembelajaran modul proses dan matematika, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik. dan validitas koefisiennya adalah THB sebesar 83,3%.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abdul Majid Majid, Muamar Qadar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).