Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Sains untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Palembang

Authors

  • Annisa Nur Hasanah Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang
  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.30482

Abstract

Kemampuan sains anak yang masih rendah dikarenakan  belum adanya bahan ajar yang mendukung. Bahan ajar yang berbasis digital dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi anak belajar sains. Bahan ajar digital merupakan bahan ajar yang dibuat dengan komputer dan dilengkapi dengan perangkat multimedia. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital berbasis sains yang teruji valid dan praktis. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini adalah E-modul atau modul elektronik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Research and Development menggunakan model ADDIE, terdapat 5 tahapan yaitu Analisis (analysis), Perancangan (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation) dan Evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil validasi dari tim ahli yaitu ahli bahasa 95% pada kategori sangat valid, ahli media 91% pada kategori sangat valid dan ahli materi 100% pada kategori sangat valid. Produk E-modul telah diujicobakan ke anak kelompok B TK Pembina 7 Palembang dan mereka dapat menggunakan E-modul tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berbasis kemampuan sains ini valid dan layak digunakan.

Downloads

Published

2024-06-30