TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM SITUASI PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Pembelajaran secara daring telah menjadikan pola-pola yang selama ini cenderung bertahan selama bertahun-bertahun menjadi berubah menuju ke arah perubahan paradigma pembelajaran. Hal ini dikarenakan semenjak adanya pembelajaran daring, baik belajar maupun mengajar kini tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan paradigma pembelajaran yang bermuara pada teori konstruktivistik. Teori ini menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas proses yang dilakukan oleh pebelajar. Metode yang dipakai menggunakan kajian literatur yang berarti penulis mengumpulkan berbagai literatur baik artikel-artikel jurnal maupun buku untuk ditarik suatu kesimpulan yang matang. Kajian ini menghasilkan bahwa perlunya penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring. Untuk melaksanakan teori itu, maka perlu adanya pemberdayaan guru secara maksimal dalam penerapannya. Melalui tulisan artikel ini penulis memiliki harapan agar tulisan ini mampu menjadi sumbangsih bagi pengembangan bidang keilmuan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zahid Zufar At Thaariq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).