Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan Paud Al-Aqsha Kota Jambi

Authors

  • Rozanah Rozanah Universitas Jambi
  • Christin Natalia Purba Universitas Jambi
  • Endang Siregar Universitas Jambi
  • Hani Maizatun Nisaq Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan Paud Al-Aqsha Kota Jambi. Pendidikan pada anak usia dini adalah pendidikan sosok individu yang sedang menjalani suatu proses dalam perkembangan yang pesat dan fundamental bagi kehidupan anak selanjutnya. Metode penelitian ini termasuk dalampenelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif; penggunaan pendekatan eksploratif dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam, menggambarkan keadaan fenomena yang terjadi dan berkaitan langsung dengan situasi atau tempat. Hasil kajian tentang pengembangan kurikulum merdeka di satuan pendidikan PAUD Al-Aqsha kota jambi menunjukkan bahwa proses menerapkan kurikulum merdeka perlu adanya perencanaan yang matang, sekolah ini baru saja menerapkan kurikulum merdeka tentu sekolah ini telah menyiapkan dokumen-dokumen yang lengkap serta memenuhi segala perlengkapan data yang memadai tak hanya itu saja sekolah juga harus melibatkan pihak-pihak lain seperti kepala sekolah PAUD AL-Aqsha, orangtua dan pendidik.

Downloads

Published

2024-07-20