UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 1 MAUMERE

Authors

  • Yohana Karanggulimu SMAN 1 Maumere, Kab. Sikka-Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2702

Keywords:

hasil belajar fisika, pendekatan pembelajaran problem solving

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Maumere. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik dalamkelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,53 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 70,59% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75,88 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya gravitasi Newton dan elastisitas bahan peserta didik kelas XI MIPA 4 SMANegeri 1 Maumere dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran problem solving.

References

Bitman, Manulanga. 1993. Suatu Model Belajar Fisika Pemecahan Masalah. Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Maryam Rumaheda, 1993. Analisis Prestasi Belajar Mengajar fisika Dikaitkan Dengan Motivasi. Skripsi FMIPA IKIP Ujung pandang.

Muhammad Aliyah, 2008. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas VIII.A SMP Yayasan Mesjid Khadijah Makassar. Skripsi FMIPA UNM Makassar.

Mohammad Nur, 2002. Pengajar Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Unesa: Surabaya.

Rustam ,Ahmad, 2001. Pengaruh Penerapan Metode Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar. Skripsi FMIPA UNM Makassar

Sanjaya, Wina, 2009. Penelitian Tindakan

Kelas. Bandung: Kencana. Slameto,1987. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Thobroni, Muhammad, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Rus Media.

Mansur, S., Raida, S, A., Putra, S, H, J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education. IAIN Kudus. 4. (1). 72-79. doi: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796

Mansur, S., Loli, M, P, P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Model Guided Note Taking di SMP San Carlos Habi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 10. (1). 21-28. doi: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990

Ozgelen, S. (2012). Students’ Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 8 . (4). doi: https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.846a

Rosa, F. O. (2015) Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP Pada materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Muhammadiyah Metro

Downloads

Published

2021-10-26