Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Maitreechit Wittayathan School
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26981Abstract
Game merupakan industri yang berkembang diera sekarang, game tidak hanya sebagai media bermain namun game bisa digunakan dalam media pembelajaran. Pengguna dapat menikmati game dan memperoleh informasi dengan sangat massif, dan aplikasi Duolingo mampu menjadi media Pembelajaran alternatif peserta didik untuk memperoleh penguasaan kosakata Bahasa arab melalu fitur listening dan reading. Dalam komunikasi berbahasa arab sangat dibutuhkan penguasaan kosakata karena membantu seseorang berkomunikasi dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi duolingo dalam penguasaan kota bahasa arab. Penelitian menggunakan metode kualitatif yakni Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aplikasi duolingo dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis game edukasi yang akan melatih kecapakapan berbahasa melalui penguasaan kosakata, dan solusi agar belajar tidak membosankan namun serius dalam melatih fokus serta efektif dan efisien.Downloads
Published
2024-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Diajeng Tiara Anjani, Abd Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).