Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Maitreechit Wittayathan School

Authors

  • Diajeng Tiara Anjani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Abd Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26981

Abstract

Game merupakan industri yang berkembang diera sekarang, game tidak hanya sebagai media bermain namun game bisa digunakan dalam media pembelajaran. Pengguna dapat menikmati game dan memperoleh informasi dengan sangat massif, dan aplikasi Duolingo mampu menjadi media Pembelajaran alternatif peserta didik untuk memperoleh penguasaan kosakata Bahasa arab melalu fitur listening dan reading. Dalam komunikasi berbahasa arab sangat dibutuhkan penguasaan kosakata karena membantu seseorang berkomunikasi dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi duolingo dalam penguasaan kota bahasa arab. Penelitian menggunakan metode kualitatif yakni Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aplikasi duolingo dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis game edukasi yang akan melatih kecapakapan berbahasa melalui penguasaan kosakata, dan solusi agar belajar tidak membosankan namun serius dalam melatih fokus serta efektif dan efisien.

Downloads

Published

2024-03-31