Peran Mahasiswa FAI UMSU dalam Penguatan Karakter Beragama dan Meningkatkan Hubungan Interanasional Berbasis Program KKN Internasional di Thailand
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26951Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan mahasiswa KKN sebagai penggerak dalam meningkatkan nilai keagamaan dan hubungan internasional. Program KKN internasional merupakan program yang luas dan unik karena menyangkut kualitas SDM dalam meningkatkan integrasi sosial. Penelitian ini mendalam terhadap peran mahasiswa FAI UMSU terhadap subjek pengabdian yaitu siswa dan warga lokal. Penelitian ini berbasis penelitian internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran yaitu pendekatan penelitian yang menggabungkan bentuk kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengabdian diperoleh bahwa peranan mahasiswa KKN sebagai penggerak dalam meningkatkan nilai keagamaan dan hubungan internasional mendapat respon dan dorongan positif sehingga membuat peneliti semakin yakin bahwa pentingnya peranan mahasiswa KKN sebagai penggerak di Thailand telah berhasil terlaksana.Downloads
Published
2024-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nurul Syaqila, Abd Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).