Komitmen Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26939Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komitmen kinerja guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa. Berdasarkan indikatornya komitmen seseorang guru akan terlihat dari kepedulian maupun pemahaman, tanggung jawaban, loyalitasnya dalam menjalankan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian purposive sampling teknik dengan teknik pengumpulan data meliputi obseervasi, wawancara dan dokumentasi terhadap jumlah sampel 3 guru PAI. Teknik pengelolaan data menggunakan teknik deskriptif analitik. Teknik ini dilakukan agar menjelaskan secara rinci keterkaitan antara komitmen kinerja guru PAI terhadap usaha meningkatkan efektifitas belajar siswa di kelas. Dalam penelitian ini memberikan hasil bahwa sanya komitmen kinerja guru PAI dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa tersebut merupakan terkategorikan baik dengan didukung oleh faktor tertentu. komitmen guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan efektifitas belajar, merupakan keberhasilan peserta didik baik dari segi perilaku, sopan santun dan disiplinnya. Dalam proses pencapaiannya terdapat hambatan namun, hal tersebut dapat dijadikan sebagai tantangan dalam dunia pendidikan.Downloads
Published
2024-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nur Astuti; Mahmud MY, Darma Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).