Komitmen Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa

Authors

  • Nur Astuti Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mahmud MY Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Darma Putra Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komitmen kinerja guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan   efektifitas belajar siswa. Berdasarkan indikatornya komitmen seseorang guru akan terlihat dari kepedulian maupun pemahaman, tanggung jawaban, loyalitasnya dalam menjalankan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian purposive sampling  teknik dengan teknik pengumpulan data meliputi obseervasi, wawancara dan dokumentasi terhadap jumlah sampel 3 guru PAI. Teknik pengelolaan data menggunakan teknik deskriptif analitik. Teknik ini dilakukan agar menjelaskan secara rinci keterkaitan antara komitmen kinerja guru PAI terhadap usaha meningkatkan efektifitas belajar siswa di kelas. Dalam penelitian ini memberikan hasil bahwa sanya komitmen kinerja guru PAI dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa tersebut merupakan terkategorikan baik dengan didukung oleh faktor tertentu. komitmen guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan efektifitas belajar, merupakan keberhasilan peserta didik baik dari segi perilaku, sopan santun dan disiplinnya. Dalam proses pencapaiannya terdapat hambatan namun, hal tersebut dapat dijadikan sebagai tantangan dalam dunia pendidikan.

Downloads

Published

2024-03-31