The Influence of Learning Attitude and Learning Motivation on Reading Comprehension Achievement at SMPN 3 Pali

Authors

  • Enda Sundari University of PGRI Palembang
  • Indawan Syahri University of PGRI Palembang
  • Mulyadi Mulyadi University of PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26564

Abstract

Penelitian dilakukan tentang pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia, khususnya berfokus pada sikap dan motivasi dalam pemahaman membaca di kalangan siswa SMP. Ini menyoroti kebutuhan akan kemahiran berbahasa Inggris di era globalisasi, dengan menekankan peran sikap positif dan motivasi dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Studi ini mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi siswa, termasuk perbedaan sikap terhadap pembelajaran, kurangnya minat, dan pencapaian pemahaman membaca yang rendah. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui kuesioner untuk mengumpulkan data tentang sikap dan motivasi siswa. Temuan menunjukkan pengaruh signifikan sikap dan motivasi terhadap pencapaian pemahaman membaca, menekankan pentingnya memupuk sikap pembelajaran dan motivasi yang positif di kalangan siswa. Namun, studi ini mengakui keterbatasan, termasuk fokusnya pada satu sekolah tertentu dan perlunya penyelidikan lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan motivasi siswa secara lebih luas.

Downloads

Published

2024-03-13