Penggunaan E-LKPD menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26561Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-LKPD menggunakan website Wizer.me pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menurut model ADDIE: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang diperoleh berupa hasil survei validasi produk, respon siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian ini adalah media E-LKPD yang valid, praktis, dan efektif terhadap literasi sains. Hasil evaluasi media dari validator memperoleh 89,7% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon siswa, kepraktisan mencapai 72% dalam kategori praktis. Adapun nilai efektivitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,6 dan tingkat ketuntasan 94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut E-LKPD yang dikembangkan tergolong kriteria valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2024-03-13
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).