Meta Analisis Penerapan Model PBL Untuk Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Kelas I

Authors

  • Vannes Purwaristi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Theresia Arinda Octaviani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Louis Chesarlita Yulia Charismasari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25916

Abstract

Model PBL ini menyebabkan motivasi dan rasa ingin tahu menjadi meningkat juga membuat perubahan dalam pembelajaran khususnya dalam segi peranan guru. Guru tidak hanya berdiri di depan kelas dan berperan sebagai pemandu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan memberikan langkah-langkah penyelesaian yang sudah jadi, melainkan guru berkeliling kelas memfasilitasi diskusi, memberikan pertanyaan, dan membantu siswa untuk menjadi lebih sadar akan pentingnya pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis kembali artikel dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan dengan sampel sebanyak 10 artikel nasional dan dapat diakses secara online melalui Google Scholar atau Google Cendekia. Berdasarkan hasil analisis, secara keseluruhan rata-rata pengaruh yang terdapat pada model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 1,141. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-03-30