Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al-Quran Siswa

Authors

  • Aji Kurniaku Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mavianti Mavianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25675

Abstract

Peneliti berusaha untuk menemukan bagaimana pengajar meningkatkan kemampuan tahsin siswanya sebagai respons terhadap kesalahpahaman siswa tentang penggunaan huruf tajwid dan mukhorijul yang benar. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode utama pengumpulan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengajar pendidikan agama Islam, dan siswa sekolah dasar Sekolah Darul Mukmin di Thung Nui, Satun. Para guru dapat menggunakan temuan penelitian ini untuk membantu siswanya mengatasi tantangan yang mereka hadapi ketika mempelajari tahsin Al-Quran dan membaca Al-Quran secara akurat. Hasil penelitian ini adalah masih banyak siswa di Darul Hikmah yang belum menguasai cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar sesuai hukum tajwid. Dengan ada nya penelitian ini proses pembelajaran membaca al-Qur’an dapat mempermudah dan mempercepat siswa dalam menguasai kemampuan membaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid. Serta siswa mampu mengkonsistenkan kadar Panjang, dan dengung dalam bacaan.

Downloads

Published

2024-03-08