Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick untuk Keterampilan Berbicara Siswa terhadap Materi Teks Eksplanasi di SMA Negeri 1 Muara Telang

Authors

  • Magda Hasugian Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap keterampilan berbicara siswa terhadap materi teks eksplanasi di SMA Negeri 1 Muara Telang, yang berlokasi di Desa Telang Jaya, Kecamatan Muara Telang, Banyuasin. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa dari kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar unjuk kerja dan soal yang terdiri dari 10 item pertanyaan. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Talking Stick dengan keterampilan berbicara teks eksplanasi. Uji homogenitas menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen, yang diperkuat dengan hasil uji hipotesis, di mana nilai thitung (11.260) lebih besar dari ttabel (2.03224) dengan taraf signifikan 0,025. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Talking Stick memiliki pengaruh positif terhadap materi teks eksplanasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Muara Telang.

Downloads

Published

2024-03-31