Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick untuk Keterampilan Berbicara Siswa terhadap Materi Teks Eksplanasi di SMA Negeri 1 Muara Telang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25589Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap keterampilan berbicara siswa terhadap materi teks eksplanasi di SMA Negeri 1 Muara Telang, yang berlokasi di Desa Telang Jaya, Kecamatan Muara Telang, Banyuasin. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa dari kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar unjuk kerja dan soal yang terdiri dari 10 item pertanyaan. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Talking Stick dengan keterampilan berbicara teks eksplanasi. Uji homogenitas menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen, yang diperkuat dengan hasil uji hipotesis, di mana nilai thitung (11.260) lebih besar dari ttabel (2.03224) dengan taraf signifikan 0,025. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Talking Stick memiliki pengaruh positif terhadap materi teks eksplanasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Muara Telang.Downloads
Published
2024-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Magda Hasugian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).