Kendala Orang Tua dalam Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini

Authors

  • Islam Wahyu Pandowo Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Anti Isnaningsih Universitas ma'arif Nahd;atul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25479

Abstract

Pada era sekarang perangkat teknologi digital terutama gadget sudah umum digunakan di masyarakat, termasuk anak usia dini. Penggunaan perangkat teknologi digital terutama gadget sangat tergantung pada keterampilan pengguna dalam memilih informasi yang ada pada perangkat tersebut, salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengurangi dampak negative tersebut yaitu dengan meningkatkan keterampilan digital, oleh karena itu penelitian ini bertujuan melihat apakah orang tua telah berperan terhadap keterampilan literasi digital pada anak dengan cara: (1) Memilih konten yang dapat mendorong keterampilan digital anak; (2) Memilih konten online yang dapat meningkatkan kemampuan anak; (3) Membuat jadwal kapan anak dapat mengakses atau menggunakan teknologi digital terutama gawai; (4) Mendampingi dan mengarahkan anak ketika menggunakan teknologi digital terutama gawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan objek informasi adalah orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Tlogosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 26% responden peneliti telah berperan dalam keterampilan literasi digital pada anak.

Downloads

Published

2024-03-11