Kendala Orang Tua dalam Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25479Abstract
Pada era sekarang perangkat teknologi digital terutama gadget sudah umum digunakan di masyarakat, termasuk anak usia dini. Penggunaan perangkat teknologi digital terutama gadget sangat tergantung pada keterampilan pengguna dalam memilih informasi yang ada pada perangkat tersebut, salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengurangi dampak negative tersebut yaitu dengan meningkatkan keterampilan digital, oleh karena itu penelitian ini bertujuan melihat apakah orang tua telah berperan terhadap keterampilan literasi digital pada anak dengan cara: (1) Memilih konten yang dapat mendorong keterampilan digital anak; (2) Memilih konten online yang dapat meningkatkan kemampuan anak; (3) Membuat jadwal kapan anak dapat mengakses atau menggunakan teknologi digital terutama gawai; (4) Mendampingi dan mengarahkan anak ketika menggunakan teknologi digital terutama gawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan objek informasi adalah orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Tlogosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 26% responden peneliti telah berperan dalam keterampilan literasi digital pada anak.Downloads
Published
2024-03-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Islam Wahyu Pandowo, Anti Isnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).