Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman

Authors

  • Iswadi Iswadi Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Nuril Furkan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25448

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. Penelitian berlokasi di Kelurahan Payaraman Barat, Kecamatan Payaraman, Ogan Ilir. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 guru dan 30 siswa dari SMA Negeri 1 Payaraman. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket yang berisi 60 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa; terdapat pengaruh disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa; terdapat pengaruh implementasi kurikulum merdeka dan disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa memiliki pengaruh.

Downloads

Published

2024-03-21