Motivasi dalam Pemanfaatan Layanan Pembelajaran

Authors

  • Herry Novrianda Universitas Terbuka
  • Pamela Mikaresti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.24660

Abstract

Pemanfaatan layanan pembelajaran menjadi solusi dalam meningkatkan proses kemandirian belajar mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Penelitian bertujuan untuk menganalisis motivasi mahasiswa UT Bengkulu dalam memanfaatkan layanan bantuan belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mahasiswa dari berbagai program studi di UT Bengkulu, dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan pendekatan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam memanfaatkan layanan bantuan belajar, yaitu minat pribadi mahasiswa terhadap mata kuliah; tuntutan akademik, dukungan keluarga, kemandirian belajar mahasiswa, dan lingkungan belajar antara dosen, tutor, dan teman sekelas. Implikasinya adalah diperlukan pemahaman lebih dalam terhadap minat dan kebutuhan individu serta respon mahasiswa terhadap tuntutan akademiknya. Selanjutnya, kemandirian belajar perlu didorong melalui pelatihan dan panduan, serta peran dosen, tutor, dan rekan sekelas perlu diperkuat dalam memberikan dukungan akademik yang efektif. Terakhir, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi rutin untuk memastikan efektivitas bantuan layanan belajar yang diberikan oleh UT Bengkulu.

Downloads

Published

2024-06-12