ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 MUKOMUKO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2459Keywords:
Final Exam Question Analysis, Material, Thinking LevelAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sebaran materi pokok, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan tingkat berfikir pada soal Ujian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI di SMA Negeri 3 Mukomuko. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah Studi Dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara memilah soal kemudian menggolongkan soal, lalu mengklasifikasi dengan persentase. Hasil dari penelitian yaitu bahwa sebaran materi dan Kompetensi Dasar pada soal Ujian Akhir Semester ganjil dikategorikan belum merata, karena terdapat satu Kompetensi Dasar yang tidak ada soalnya. Persebaran Indikator Pencapaian Kompetensi pada soal Ujian Akhir Semester ganjil belum juga merata, karena banyak indikator yang tidak memiliki soal, dan satu indikator yang yang terdapat banyak soal. Untuk sebaran tingkat berfikir pada soal Ujian Akhir Semester ganjil belum merata. Soal lebih banyak menggunakan tingkat berfikir level C1, C2 dan C3, sehingga termasuk soal yang LOTS.References
Abduh, M. (2019). Paduan Penilaian Tes Tertulis (D. Hadiana (ed.)). Pusat Penilaian Pendidikan.
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Ombak.
Anidi. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Parama Publishing.
DJ, L. (2011). Evaluasi Pendidikan. UNP Press Padang.
Kusuma, M. (2016). Evaluasi Pendidikan Pengantar, Kompetensi dan Implementasi. Parama Ilmu.
Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir (A. Kamsyach (ed.); cetakan pe). PT Remaja Rosdakarya.
Putri, R. I. I. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Revisi 1). Universitas Sriwijaya.
Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan pendekatan kurikulum 2013. Pustaka Setia.
Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta,cv.