GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP PADA MATA PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XI IIS Di SMAN 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Rika Putri STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Meldawati Meldawati STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Juliandry Kurniawan Junaidi STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2457

Keywords:

Motivation, Whatsapp.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran whatsapp sejarah peminatan di kelas XI IIS 5 SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan informan penelitian yaitu guru mata pembelajaran sejarah peminatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa Penyajian materi yang digunakan dalam penggunaan media pembelajaran whatsapp adalah dengan memberikan judul-judul besar atau memberikan poin-poin penting dari materi untuk dibuat kesimpulan setiap peserta didik. Dalam pelaksanaanya terdapat kendala dari guru tidak dapat memantau peserta didik dan peserta didik tidak dapat memahami materi dengan baik.

References

Arsyad azhar.2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basrowi dan Suwandi 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Permendiknas No 22 tahun 2006.

BNSP. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Permendiknas No 16 Tahun 2007

Moleong J lexy.2012. Penelitian Kualitatif.Bandung:Rineka Cipta.

Mulyasa 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sutopo, HB. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suryani, Nunuk. 2018. MEDIA PEMBELJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Muri.2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Prees.

Zikri, Fachrul Nurhadi. Teori Komonikasi Kontempore. 2017. Depok: PT Balebat Dedikasi Prima.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.†Lantanida Journal 5(2): 172.

Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sungkono. 2008. “Pemilihan Dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran.†: vol. 2.

Suryani, Nunuk. 2018. MEDIA PEMBELJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-12