IMPLEMENTASI CREATIVE, CRITICAL THINGKING, COMMUNICATIVE, AND COLLABORATIVE (4C) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X IK DI MAN 1 SOLOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2430Keywords:
Pelaksanaan, Model 4C, Pendekatan SaintifikAbstract
Pelaksanaan pembelajaran Creative, Critical Thingking, Communicative, Collaborative, yang digunakan guru sejarah dalam menekankan keterampilan siswa kelas X IK di MAN 1 Solok. Pengaplikasian 4C ini siswa dituntut lebih berpikir kritis dalam menganalisa materi dan menyampaikan pemikiran serta mengembangkan ide baru. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, cara guru mengevaluasi pembelajaran 4C dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas X IK di MAN 1 Solok. Metode yang digunakan yaitu, metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian rancangan pembelajaran 4C yaitu mengumpulkan informasi terkait materi, menganalisis materi yang sudah dikumpulkan, mengemukakan hasil analisis, mendiskusikan materi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran 4C yang dilakukan guru meliputi kegiatan guru menjelaskan terlebih dahulu tujuan pembelajaran, guru memberikan siswa kesempatan untuk menganalisis materi, siswa bersama guru menarik kesimpulan diakhir pembelajaran. (3) Evaluasi yang dilakukan guru menggunakan 4C yaitu guru memberikan pertanyaan disetiap akhir pembelajaran, siswa diberikan tugas berbentuk Mind Mapping, jenis soal yang digunakan guru Low, Middle, HOTS.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Furchan ,Arief. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Jenner, Simarmata, dkk. 2020. Pendidikan Di Era Revolusi 4.0 : Tuntutan, Kompetensi dan Tantangan. Banten: Yayasan Kita Menulis
Nana, Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Putri, Nugraheni. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas V (Studi Kasus Di Salah Satu SD Swasta Kota Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Lusinta, Saraswati. 2019. Integrasi Pembelajaran 4C Dalam Model Blended Learning Pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Ida, Bagus Ariyana. 2019. Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communicative, Collaborative, Critical Thingking, dan Creative Thingking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Universitas Pendidikan Ganesha.