Implementasi Variasi Mengajar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMPIT Madinah Alfatih

Authors

  • Azmiyah Azmiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.23572

Abstract

Penelitian ini tentang penggunaan variasi pengajaran yang diterapkan oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran PAI di SMPIT Madinah Al-Fatih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat sebagai antisipasi terhadap munculnya kebosanan siswa, sehingga siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan, serta berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuannya mengetahui implementasi variasi mengajar oleh guru PAI dalam pembelajaran PAI, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan variasi mengajar. Metode yang digunakan berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik dan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menggambarkan gaya mengajar guru PAI yang bervariasi dengan sangat baik, menggunakan media papan tulis, infocus, gambar dan sebaginya, penggunaan variasi interaksi dengan menggunakan dua pola interaksi yang berbeda oleh setiap guru bidang studi PAI. Faktor pendukung penggunaan varias?, diantaranya, kondisi dan suasana kelas, materi, metode, dan media yang digunakan guru, sedangkan faktor penghambat diantaranya, lemahnya daya tangkap kecerdasan siswa, dan keterbatasan waktu.

Downloads

Published

2023-12-31