Implementasi Variasi Mengajar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMPIT Madinah Alfatih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.23572Abstract
Penelitian ini tentang penggunaan variasi pengajaran yang diterapkan oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran PAI di SMPIT Madinah Al-Fatih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat sebagai antisipasi terhadap munculnya kebosanan siswa, sehingga siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan, serta berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuannya mengetahui implementasi variasi mengajar oleh guru PAI dalam pembelajaran PAI, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan variasi mengajar. Metode yang digunakan berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik dan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menggambarkan gaya mengajar guru PAI yang bervariasi dengan sangat baik, menggunakan media papan tulis, infocus, gambar dan sebaginya, penggunaan variasi interaksi dengan menggunakan dua pola interaksi yang berbeda oleh setiap guru bidang studi PAI. Faktor pendukung penggunaan varias?, diantaranya, kondisi dan suasana kelas, materi, metode, dan media yang digunakan guru, sedangkan faktor penghambat diantaranya, lemahnya daya tangkap kecerdasan siswa, dan keterbatasan waktu.Downloads
Published
2023-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Azmiyah Azmiyah, Martin Kustati, Gusmirawati Gusmirawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).