Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23281Abstract
Penyebab anak usia 4 tahun mengalami kelainan bicara adalah karena pada usia ini anak sedang dalam proses penguasaan bahasa setelah bahasa pertama, dan dipengaruhi oleh setidaknya dua faktor, yaitu fisiologis dan psikologis. Faktor fisiologis meliputi organ yang menghasilkan ucapan, seperti mulut dan fungsi otak. Sementara itu, faktor psikologis juga mencakup perkembangan kognitif anak dalam proses penguasaan bahasa pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyimpangan bicara bahasa pada anak usia 4 tahun dengan menggunakan studi semantik yang berasal dari pemerolehan bahasa. Metode pengumpulan data yang digunakanadalah teknik observasi dan sadap. Teknik lanjutan yang digunakan adalah menyimak, berpartisipasi, merekam, dan mencatat. Metode analisis yang digunakan antara lain ekuivalensi ekstralinguistik, yaitu digunakan untuk menganalisis unsur-unsur ekstralinguistik, misalnya mengaitkan persoalan bahasa dengan benda di luar bahasa.Downloads
Published
2024-05-04
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Henny Trisna, Yessi Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).