Penggunaan Platform Padlet dan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Materi Teks Negosiasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23248Abstract
Pendidik dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan dua hal yaitu tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan karakteristik materi yang akan diajarkan. Sehingga diperlukan alternatif pemecahan seperti penggunaan aplikasi berbasis digital untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik berdasarkan permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan aplikasi Padlet dan Quizizz selama proses pembelajaran. Selama proses penerapan Padlet dan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran, kedua aplikasi ini mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Padlet diigunakan sebagai landasan pemahaman materi sedangkan Quizizz sebagai alat evaluasi terstruktur. Penggunaan Padlet dan Quizizz secara bersamaan dapat menciptakan pengalaman belajar yang intelektual, emosional, mengakomodasi berbagai gaya belajar peserta didik, dan memotivasi peserta untuk memiliki daya saing.Downloads
Published
2024-03-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sulasmi Sulasmi, Yessi Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).