Meta Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa terhadap Materi Pembelajaran Persamaan Diferensial

Authors

  • Nana Yuniar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Alfira Alfira Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rafiki Ikhsan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nikmah Abdillah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Mhd Arif Azhari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.22983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi pembelajaran Persamaan Diferensial. Kemampuan tersebut akan diteliti berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian menggunakan metode meta-analisis. Meta analisis merupakan kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen tertulis tentang penelitian kemampuan berpikir kritis yang berupa artikel jurnal dan laporan penelitian yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Instrument utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan panduan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan presentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian narrative terhadap penelitian-penelitian yang ditemui. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berprestasi tinggi cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik; penggunaan metode open-ended dan bahan ajar berbasis kritis berpotensi meningkatkan kemampuan mahasiswa, tetapi strategi serupa bisa menghasilkan hasil yang berbeda. Dosen perlu membuat perangkat pembelajaran yang mendukung sehingga dapat diintegrasikan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-05-04