Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Seni Musik di Tk Tunas Baru untuk Perkembangan Bahasa AUD

Authors

  • Dea Putri Jelita UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Mahpudzoh Srg UIN Sumatera Utara Medan
  • Hajijah Adelina UIN Sumatera Utara Medan
  • Hilda Zahra Lubis UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22787

Abstract

Musik merupakan salah satu yang bisa dipakai untuk dijadikan sebagai media dalam sebuah pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran seni musik untuk anak usia dini dapat dilaksanakan diantaranya melalui metode bernyanyi. Tujuan riset ini ialah mengetahui penerapan metode benyanyi dalam pembelajaran seni musik anak usia dini melalui metode bernyanyi di TK Tunas Baru Paya Bakung terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Subjek dari studi ini ialah anak kelompok B TK Tunas Baru. Metode deskriptif kualitatif, adalah metode yang dipakai untuk riset kali ini. Analisis data yang dipakai ialah analisis kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dipakai, wawancara dan observasi. Hasil riset ini ialah bahwa di TK Tunas Baru untuk Pembelajaran seni musik melalui metode bernyanyi ini sangat mempunyai pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Anak yang jarang membuka suara akhirnya mau untuk membuka suaranya karena strategi belajar yang dilakukan dengan nyanyian. Keterampilan anak dalam memahami dan mengingat pembelajaran sangat mudah. Kosa kata anak yang semakin bertambah.

Downloads

Published

2023-12-27