Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Seni Musik di Tk Tunas Baru untuk Perkembangan Bahasa AUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22787Abstract
Musik merupakan salah satu yang bisa dipakai untuk dijadikan sebagai media dalam sebuah pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran seni musik untuk anak usia dini dapat dilaksanakan diantaranya melalui metode bernyanyi. Tujuan riset ini ialah mengetahui penerapan metode benyanyi dalam pembelajaran seni musik anak usia dini melalui metode bernyanyi di TK Tunas Baru Paya Bakung terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Subjek dari studi ini ialah anak kelompok B TK Tunas Baru. Metode deskriptif kualitatif, adalah metode yang dipakai untuk riset kali ini. Analisis data yang dipakai ialah analisis kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dipakai, wawancara dan observasi. Hasil riset ini ialah bahwa di TK Tunas Baru untuk Pembelajaran seni musik melalui metode bernyanyi ini sangat mempunyai pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Anak yang jarang membuka suara akhirnya mau untuk membuka suaranya karena strategi belajar yang dilakukan dengan nyanyian. Keterampilan anak dalam memahami dan mengingat pembelajaran sangat mudah. Kosa kata anak yang semakin bertambah.Downloads
Published
2023-12-27
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dea Putri Jelita, Siti Mahpudzoh Srg, Hajijah Adelina, Hilda Zahra Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).