Analysis of Online Learning Media on Learning Motivation in Physics Concepts
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22718Abstract
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui efektivitas dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran online terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif tentang media pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik. Data analisis mengenai media pembelajaran daring yang digunakan di SMA Negeri 1 Sentani yaitu 6 orang menggunakan aplikasi google classroom (50%), 4 orang menggunakan grup WA dan google classroom (33,3%), dan 2 orang menggunakan grup WA ( 16,7%), sehingga disimpulkan penggunaan media pembelajaran daring yang digunakan lebih dominan menggunakan google classroom. Hasil analisis data mengenai keefektifan penggunaan media pembelajaran online yang digunakan yaitu 10 orang menjawab efektif dengan persentase 83,3% dan 2 orang menjawab sangat efektif dengan persentase 16,7%, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran online yang digunakan sudah efektif. Data hasil analisis motivasi belajar online pada mata pelajaran adalah 9 orang sangat termotivasi (75%) dan 3 orang menjawab termotivasi (25%), disimpulkanpeserta didik sangat termotivasi dalam belajar online.Downloads
Published
2023-12-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Paulus G.D. Lasmono S, Florentina Maria Panda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).