Analysis of Online Learning Media on Learning Motivation in Physics Concepts

Authors

  • Paulus G.D. Lasmono S Cenderawasih University
  • Florentina Maria Panda Cenderawasih University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22718

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui efektivitas dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran online terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif tentang media pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik. Data analisis mengenai media pembelajaran daring yang digunakan di SMA Negeri 1 Sentani yaitu 6 orang menggunakan aplikasi google classroom (50%), 4 orang menggunakan grup WA dan google classroom (33,3%), dan 2 orang menggunakan grup WA ( 16,7%), sehingga disimpulkan penggunaan media pembelajaran daring yang digunakan lebih dominan menggunakan google classroom. Hasil analisis data mengenai keefektifan penggunaan media pembelajaran online yang digunakan yaitu 10 orang menjawab efektif dengan persentase 83,3% dan 2 orang menjawab sangat efektif dengan persentase 16,7%, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran online yang digunakan sudah efektif. Data hasil analisis motivasi belajar online pada mata pelajaran adalah 9 orang sangat termotivasi (75%) dan 3 orang menjawab termotivasi (25%), disimpulkanpeserta didik sangat termotivasi dalam belajar online.

Downloads

Published

2023-12-30