Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together dengan Berbantuan Quizizz terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Petir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22716Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan bantuan Quizizz lebih baik dibandingkan kelas yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, sehingga dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Quizizz terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan motivasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan posttest test pada kelas eksperimen sebesar 85,08, pada kelas kontrol rata-rata posttest sebesar 80,66. Uji Independent Sample t-Test yaitu Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Indikator upaya mengatasi kesulitan dan kualitas hasil pembelajaran sebesar 99%. persentase terkecil indikator pembelajaran di luar jam sekolah sebesar 91%. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan Quizizz lebih baik dibandingkan kemampuan koneksi matematis yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Downloads
Published
2023-12-14
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).