The Implementation of Inclusive Education at SD Negeri 30 Palembang, South Sumatra
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22629Abstract
Pendidikan inklusif merupakan kata atau istilah yang dicetuskan oleh UNESCO yang berasal dari kata Education for All yang berarti pendidikan yang ramah terhadap semua, dengan pendekatan pendidikan yang berusaha menjangkau semua orang tanpa terkecuali. SD Negeri 30 Palembang dinyatakan sebagai sekolah inklusi dimulai dari pemilihan sekolah inklusi yang dilakukan pemerintah pada tahun 2013. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana data yang diperoleh diperoleh dari observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sekolah ini memiliki 107 siswa berkebutuhan khusus pada tahun ajaran 2022/2023, Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tidak adanya guru pendamping selama proses pembelajaran dan proses sosial yang terjadi di kelas inklusif lebih cenderung membawa hasil positif, dimana siswa dapat menerima siswa berkebutuhan khusus dengan baik. Diharapkan Sekolah memberikan kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk memperoleh pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi, sekolah menampung siswa dari berbagai asal dan latar belakang kehidupan yang berbeda.Downloads
Published
2023-12-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agus Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).