Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknik Radiografi yang Memiliki IPK Terendah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22618Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar apa yang dialami mahasiswa radiologi yang memiliki IPK terendah pada mata kuliah Teknik Radiografi I di Universitas Awal Bros. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa radiologi semester 1 yang memiliki IPK terendah di Universitas Awal Bros. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mahasiswa radiologi yaitu intelegensi question (IQ). Dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mahasiswa radiologi yaitu lingkungan. Intelegensi question adalah faktor yang berasal dari luar diri individu yaitu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berfikir, menalar dan memecahkan masalah. Sedangkan lingkungan adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu yang meliputi lingkungan tetangga, teman bergaul, dan aktivitas dalam masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa radiologi yang memiliki IPK terendah mengalami faktor intelegensi question dan faktor lingkungan.Downloads
Published
2023-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nabel Frilia Zivana, R. Sri Ayu Indrapuri, Aulia Annisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).