Penggunaan Alat Musik Gitar dari Kotak Tisu Bekas Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak di TK Awirrasyidin Sei Mencirim
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22587Abstract
Pendidikan musik anak usia dini adalah salah satu cara altenatif untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini meliputi kegiatan music yang dilakukan, proses pembuatan music sederhana dengan penggunaan alat music yang sederhana pula seperti penelitian ini yaitu menggunakan alat music sederhana gitar dari kotak tisu bekas. Banyak media yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengembangan kreativitas anak salah satunya yaitu alat music sederhana dari kotak tisu bekas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak dengan menggunakan alat musik sederhana yaitu gitar yang terbuat dari kotak tisu bekas di TK Awirrasyidin Sei Mencirim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK awirrasyidin Sei Mencirim. Hasil penelitian ini ialah alatbmusik sederhana seperti gitar yang terbuat dari kotak tisu bekas dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini.Downloads
Published
2023-12-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Suci Nadillah Selian, Annisa Zaini Rahma, Hilda Zahra Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).