Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli Sosial menggunakan Metode Group to Group Exchange (GGE)

Authors

  • Safrudin Safrudin Universitas Rokania
  • Ramses Hutagaol Universitas Rokania
  • Rejeki Rejeki Universitas Rokania
  • Hasrijal Hasrijal Universitas Rokania
  • Anke Murez SD Negeri 015 Ujungbatu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22555

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli sosial siswa kelas V SD Negeri 015 Ujungbatu melalui metode group to group (GGE) sebanyak 26 orang siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus I Pertemuan I persentase siswa yang tuntas sebesar 54% dan pada pertemuan II sebesar 62% sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I pertemuan I sebesar 46% dan pada pertemuan II sebesar 38%. Siklus II pertemuan I siswa yang tuntas sebesar 73% dan pada pertemuan II sebesar 88%. Sedangkan pada pertemuan I siswa yang tidak tuntas 27% dan pertemuan II 12%. Pada peningkatan sikap sosial menunjukkan sikap sosial sangat baik berjumlah 4 siswa, baik 19 siswa dan hanya 3 siswa yang kriteria cukup. Hal ini menunjukkan berhasilnya guru dalam meningkatkan sikap sosial siswa di kelas V SD Negeri 015 Ujungbatu.

Downloads

Published

2023-12-28