Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Media Komik pada Siswa Kelas V SDN Semambung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22250Abstract
Penelitian yang berjudul Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Media Komik pada Siswa Kelas V SDN Semambung Tahun Ajaran 2022/2023 ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media komik dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sederhana siswa kelas V SDN Semambung, Kecamatan Kayen Kidul, kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 2 siklus untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Sumber data dalam penelitian ini berupa RPP, silabus, dan teks narasi siswa. Adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semambung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media komik dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis karangan narasi, hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai reata-rata yang didapat oleh siswa yaitu 78,55 di siklus I menjadi 84,9 di siklus II.Downloads
Published
2023-12-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Avinta Ika Nurrahma, Ervina Damayanti, Ludfi Nur Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).