Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Putri Jayani Simbolon Universitas Jambi
  • Fenia Pranilsa Universitas Jambi
  • Fitha Chaerunisa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22222

Abstract

Pendidik harus mempunyai strategi belajar mengajar yang dapat membangkitkan minat siswa terhadap pelajarannya. Salah satu strategi guru yaitu menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar salah satunya menggunakan model project based learning. Jenis penelitian ini  adalah penelitian  tindakan kelas (PTK), yang dilakukan di SDN 64/I Muara Bulian. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumenetasi. Hasil Penelitian Kenaikan minat belajar siswa dari keadaan awal tabel distribusi frekuensi minat belajar dapat diperoleh pra belajar siswa pra siklus 65,50% siswa masuk dalam ketegori minat belajar rendah yaitu rentang angka 40 kebawah dengan jumlah 19 siswa, meningkat pada siklus I menjadi 31.50% siswa masuk dalam kategori minat belajar tinggi dengan 9 siswa tinggidan 5 siswa sangat tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 48,30% siswa dalam kategori minat belajar tinggi dengan mayoritas siswa

Downloads

Published

2023-12-19