Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Authors

  • Maria Vinata Nona Serly Universitas Nusa Nipa
  • Maria Helvina Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22108

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDK Bhaktyarsa. Berdasarkan hasil tes diketahui dari 35 siswa diketahui terdapat 21 (60%) siswa tidak tuntas dan 14 (40%) siswa tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika setelah menggunakan media video pembelajaran pada siswa kelas V SDK Bhaktyarsa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan tahapan plan-do-see. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian diketahui pada siklus 1, hasil tes terdapat 21 (60%) siswa yang tuntas. Sedangkan siklus 2 diketahui, hasil tes terdapat 30 (86%) siswa yang tuntas. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Bhaktyarsa.

Downloads

Published

2023-12-18