Merdeka Belajar: Mewujudkan Pembelajaran Mandiri di Era Modern

Authors

  • Is Eka Herawati Universitas Terbuka
  • Lina Asnamawati Universitas Terbuka
  • Yuliawati Yuliawati Universitas Mercu Buana
  • Stefani Nawati Eko Resti Universitas Terbuka
  • Ana Nurmalia Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21933

Abstract

Tujuan kajian ini menjelaskan makna belajar merdeka, manfaatnya, strategi untuk meraihnya, dan dampaknya pada pendidikan kontemporer. Metode penelitian yang diadopsi yakni menerapkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan makalah jurnal high-standing yang mengandalkan sumber informasi yang dapat dipercaya. Hasil penelitian menjelaskan Merdeka Belajar mendorong pengembangan kemandirian dan motivasi intrinsik. Individu yang memimpin pembelajaran mereka sendiri cenderung lebih termotivasi untuk mencapai tujuan pendidikan mereka. Mereka dapat menyesuaikan pembelajaran dengan minat dan kebutuhan mereka, menciptakan pengalaman yang lebih bermakna. Kedua, Merdeka Belajar memungkinkan kustomisasi pembelajaran. Ini berarti individu dapat fokus pada bidang yang mereka anggap penting, yang relevan dengan tujuan pribadi mereka, atau yang diperlukan untuk pengembangan profesional.

Downloads

Published

2023-12-18