Kajian Teori Modernisasi: Komunikasi Pendidikan untuk Pembelajaran Mandiri di Era Revolusi Industri

Authors

  • Yuliawati Yuliawati Universitas Mercu Buana
  • Lina Asnamawati Universitas Terbuka
  • Is Eka Herawati Universitas Terbuka
  • Stefani Nawati Eko Resti Universitas Terbuka
  • Ana Nurmalia Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21930

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini mengetahui bahwa komunikasi pendidikan dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam memberikan penjelasan dan pemahaman atas materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Metode penelitian yang diadopsi yakni menerapkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan makalah jurnal high-standing yang mengandalkan sumber informasi yang dapat dipercaya. Hasil penelitian menjelaskan modernisasi dapat terwujud apabila masyarakatnya memiliki individu yang mempunyai sikap modern. Selain dorongan modernisasi, terdapat pula syarat-syarat modernisasi. Modernisasi juga mempunyai dampak bagi kehidupan bermasyarakat pada masysarakat yang menganut modernisasi. Modernisasi memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif modernisasi diantaranya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kehidupan yang lebih baik. Dampak negatif dari modernisasi diantaranya pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup kebarat-baratan, kesenjangan sosial, kriminalitas.

Downloads

Published

2023-12-19