Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Memegang Alat Tulis melalui Media Spidol Ajaib pada Anak Kelompok A di TK Al Izzah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21915Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh refleksi awal peneliti dalam melaksanakan observasi kegiatan belajar mengajar di TK AL IZZAH yang menunjukkan kondisi anak didik kami usia 4-5 tahun (Kelompok A) di kelas sejumlah 12 anak menolak kegiatan pembelajaran menulis serta menggambar dengan menyampaikan keadaan capek dan terlihat lebih memilih untuk bermain balok dan puzzle yang ada di rak mainan. Kegiatan belajar berlangsung oleh pendidik menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan membagikan pensil dan buku tulis kepada anak anak tanpa menggunakan media menggambar yang menarik, hal ini berdampak terhadap kualitas proses pembelajaran dan hasil karya anak. Didalam laporan ini terdapat uraian perencanaan pembelajaran, informasi sederhana pelaksanaan pembelajaran setiap siklus dan hasil belajar anak menggunakan media Spidol Ajaib. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa kemampuan motorik halus memegang alat tulis menggunakan spidol ajaib pada anak Kelompok A terbukti dapat meningkatkan hasil karya anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar Siklus I sebesar 66% sebanyak 8 anak dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 92% yaitu 11 anak.Downloads
Published
2023-12-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Indah Susanti, Zahratul Qalbi, Rafhi Febryan Putera
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).