Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Nikmah Nikmah Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21871

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan salah satu cara untuk memperkuat nilai-nilai karakter khususnya pelajar akibat perubahan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah  implementasi nilai-nilai profil pelajar pancasila berhasil dilaksanakan  khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Nilai-nilai profil pelajar pancasila yang telah diterapkan yakni 1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; 2) berkebhinekaan global; 3) bergotong royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis; 6) kreatif. Keenam profil pelajar pancasila tersebut dapat ditingkatkan dengan menggabungkan beberapa dimensi dalam proses pembelajaran karena pada hakikatnya setiap dimensi  berhubungan dengan dimensi lainnya.

Downloads

Published

2023-12-31