Pengembangan Perangkat Pembelajaran Modul Ajar Mata Kuliah Matematika Teknik untuk Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21521Abstract
Mata kuliah Matematika Teknik adalah mata kuliah wajib dalam kurikulum semester 1 prodi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Saat ini, belum tersedia perangkat pembelajaran berupa modul ajar yang sangat dibutuhkan dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu, disusunlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk menyediakan modul ajar mata kuliah matematika teknik yang komprehensif untuk program studi PTM Undiksha. Pengembangan modul ajar dilakukan dengan menerapkan model research and development 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hingga tahap ketiga, Develop. Untuk memastikan relevansi modul ajar yang telah dikembangkan, dilakukan sebuah uji validitas dengan melibatkan ahli materi dan ahli media melalui pengisian angket penilaian dan analisis hasil dengan formula uji Gregory. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa modul ajar matematika teknik memiliki tingkat relevansi yang tinggi dan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.Downloads
Published
2023-12-13
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Novia Kusumayani, Gede Widayana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).