PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DI TK TAQIFA BANGKINANG KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2146Keywords:
sosial emosional, media animasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui penggunaan media animasi di TK Taqifa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu untuk menganalisis pada proses penyimpulandeduktif dan induktif mengetahui keadaan yang sebenarnya di lapangan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam meningkatkan kemampuan social Anak guru sudah menggunakan Media Animasi sesuai dengan teori yaitu memilih tema untuk kegiatan yang ingin dicapai, menyiapkan media, memusatkan perhatian anak, menyajikan pembelajaran yang dinamis, berdasarkan prinsip-prinsip psikologi dan tingkah laku dan kognisi, memberikan kegiatan untuk merangsang kemampuan anak dan memberikan evaluasi. Akan tetapi ada beberapa kelemahan guru dalam penggunaan media animasi yaitu sulitnya guru mendapatkan video yang sesuai dengan tema pembelajaran dan kurangnya evaluasi yang diberikan guru setelah menayangkan video animasi.References
Al-Uqshari, Yusuf. 2006. Menuju Puncak Prestasi Tanpa Batas, alih bahasa, Abdul Hayyie al Kattani. Jakarta: Gema Insani.
Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Arsyad, Azhar . Op. Cit., mengutip Kemp, J.E. dan Dautn, D.K. Planning and Producing Instrutional Media (New York: Harper & Row, Publishers, 1985), h. 3 et seqq.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asustian, Ary Ginanjar. 2003. ESQ Power Sebuah Inner Jouney melalui Al Ihsan. Jakarta: Arga.
Cooper, Robert, K. dan Ayman Sawaf. 2000. Executive EQ, Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi, cet. Ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fadillah, Muhammad. 2016. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Arus Media.
Hurlock. 1991. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2004. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Indrijati, Herdina. 2006. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenadamedia.
Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Stategi Pengembangannya Jakarta: Kencana.
Miarso, Yusufhadi. Loc. Cit., mengutip The Commission of Instructional Technology Report, to Improve Learning. New York: R.R. Bowker Co, 1970.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Papalia, Diane E. et al, 2010. Human Development. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purnama, B.E. 2013. Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ramattullah, Muhammad. Pengaruh Pemanfaatan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPN 6 Banjarmasin†(On-Line), Tersedia di: http://www.academia.edu/download/31933424/17-uhammad_Rahmattullah_2.pdf (24 Desember 2016).
Rosyadi, H.A. Rahmat. 2013. Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman, et all. 2015. Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Sadiman, Arief S. et al,. 2012. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefullah, K. H. U. 2012. Psikologi perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.
Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif, penerjemah: Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
Suheri, A. “Animasi Multimedia Pembelajaranâ€. (On-Line) Diperoleh dari : http://ashiriesuci.com/ animasi multimedia pembelajaran. (25 Desember 2016.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Pranda Media Group.
Suyadi, Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung : Rosdakarya.
Uno, Hamzah, B. dan Nina Lamatenggo. 2011. Tekhnologi Komunikasi & Informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pemebelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.
Wulandari, Heny. 2014. Kesehatan dan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Lampung: IAIN Raden Intan.
Yurdik. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kecana Media Group.
Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.