Lembaga Sistem Sosial Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21375Abstract
Tujuan kajian ini menjelaskan bahwa lembaga Sistem Sosial Pendidikan Islam berperan dalam membentuk karakter, moralitas, dan spiritualitas individu sejak usia dini hingga dewasa. Melalui sistem pendidikan ini, nilai-nilai kesederhanaan, tolong-menolong, keadilan, dan toleransi ditanamkan, memperkuat jalinan sosial yang harmonis di antara individu dan komunitas. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, yang merupakan studi yang mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis yang berguna untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Sumber data dalam penelitian ini yaitu jurnal-jurnal ilmiah seperti SINTA, Google Shoolar, Book, dan situs jurnal lainnya yang relevan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa lembaga Sistem Sosial Pendidikan Islam bukan hanya mengajarkan pengetahuan agama, tetapi juga menjadi pilar yang memperkuat jati diri individu Muslim dan membangun fondasi yang kokoh bagi masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Adapun sistem sosial pendidikan yang terkait dalam kajian ini yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.Downloads
Published
2023-12-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Adisel Adisel, Mona Nopitasari, Tafsir Efendi, Suryati Suryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).