PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING MEDIA DAUN Di KELAS A TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN TAPUNG HILIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2127Keywords:
Peningkatan Motorik Halus Anak, Pegiatan Menggunting, Media Daun.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting media daun di kelas A TK Tunas Harapan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Motorik Halus anak pada indikator menggunting lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen yang digunakan lembar observasi yang berbentuk ceklis dan dokumentasi, waktu pelaksanaanya dari tanggal 12 April 2021 sampai 21 April 2021, subjek penelitian yakni 12 anak kelas A yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dan di laksanakan dalam 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus II. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 52.08%, Hasil penelitian Siklus I persentase yang dicapai sebesar 60,87%, dan pencapaian peningkatan keterampilan motorik halus anak pada Siklus II sebesar 84,95%. Kesimpulan penelitian melalui kegiatan mengguntig media daun dapat meningkatkan motorik halus anak di kelas A TK Tunas Harapan Tapung Hilir.References
Annisa, K (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B di TK mutiara Kamoung Godang Bangkinang. Universitas Pahlawan, Bangkinang : Skripsi Tidak Dipublikasikan
Arikunto, dkk (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional (2007). Menggunting Panduan PraktisPendidik
PAUD. Semarang.
Diutatik, Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Playdough Anak Kelompok A Di TK Dwi Kunti Surabaya (online), (http://deim,ac.id)diunduh19 maret 2016),2016
Fauziddin, (2018) Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota (https://doi org/10.31331/sece.v1i1.581) di unduh 16 Maret 2018),2021
Gunarti, W, dkk (2010). Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar
AUD. Jakarta : Universitas Terbuka
Indriyani Fitria, (2014) Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A TK Aba Gendingan,Kecamatan Kalasa Kabupaten Slrman Yogjakarta, Universitas Pendidikan,Yogyakarta: Skripsi tidak dipublikasikan.
Laily.Safitri (2018) Implementasi Menggunting Pola Dalam Mengembnagkan Motoric Halus Anak Di TK Apik Darussalam Langkapura Bandar Lampung, Universitas Pendidikan Islam Negri Raden Intan Lampung: Skripsi tidak dipublikasikan.
Lestari, Yeni Tri. 2015, Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melaui Kegiatan Kolase Dengan Berbagai media. JurnalPendidikan Anak Usia Dini Universitas: Islam Yogyakarta
Nurhayani (2008). Tujuan Pengembangan Motorik Halus. [online] Tersedia dalam: e-dukasi.net : 2008/tujuan-pengembangan-motorik-halus/ [diakses 2008]
Nikma (2018) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Media Kertas Dan Daun Pada AUD Di Kelompok A Di RA Miftahul Ulum II Lumbangâ€Jurnal Annual International Conference on Islamic Education.The 3rd
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Permendiknas No.58 . (2008). StandarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Kemendiknas
Phamadi, dkk (2014). Seni Keterampilan Anak. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
R.Sidabutar, H. Siahaan (2019)†Peningkatan Motorik Halus AUD Melalui Pemanfatan Media Daun Dalam Kegiatan Pembelajaranâ€Jurnal Of IslamicEarly Chaildhood Education.Vol.2 No.1
Septiana 03(2016). Bahan-bahan dalam Kegiatan Menggunting.[online] Tersedia dalam:blogspot.com. id : 2016/bahan-bahan dalam-kegiatan-menggunting/ [diakses 2016]
Sujiono, B, dkk (2010). Metode pengembangan fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suryana Dadan.2016. Pendidikan Anak Usia Dinidan Aspek Perkembangan. Jakarta: Kencana
Suryani, Alimni. 2012.Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Mengisi Pola Gambar dengan Daun Kering di TK Andessa Pariaman. Jurnal Ilmiah PG-PAUD Volume 1.No. 1.
Suyadi (2010). Psikologi Belajar Pendidikan.Yogyakarta : Pedagogia
Undang-undang Republik Indonesia No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wandi.Mayar.2020.Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas padaAnak Usia Dini,Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi Volume 1-4 No 351-358
www. Scribd. Com/ document/318730272/meningkatkan/kemampuan/motorik /halus/anak/melalui/kegiata/menggunting/bervariasi/PAUD/Terpadu/islam/Alhara main/Sawah/Dangka/Kecamatan/Tilat