The Effect of Mnemonic Technique Toward Students’ Vocabulary Mastery at 8th Grade of MTsM Lawang Tigo Balai

Authors

  • Desi Khairani State Islamic University of Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Merry Prima Dewi State Islamic University of Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Irwandi Irwandi State Islamic University of Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Widya Syafitri State Islamic University of Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan teknik Mnemonic terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 8. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Lawang Tigo Balai. Terdapat beberapa pemasalahan yang ditemukan oleh penulis, diantaranya pertama, siswa sulit untuk mengingat makna dari kata-kata. Kedua, siswa sulit mengeja kata dan mereka tidak tahu bagaimana pengucapannya. Ketiga, siswa hanya mengingat kata tersebut saat berada didalam kelas, tapi setelah itu kadang-kadang mereka lupa apa yang telah mereka pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik Mnemonic terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah Lawang Tigo Balai. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik Mnemonic terhadap penguasaan kosa kata siswa serta terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosa kata siswa antara siswa yang diajar menggunakan teknik mnemonic dan siswa yang tidak diajar menggunakan teknik mnemonic.

Downloads

Published

2023-12-11