ANALISIS PERKULIAHAN DARING PADA SEMESTER V PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2116Keywords:
Perkuliahan DaringAbstract
Perubahan system perkuliahan dari tatap muka menjadi daring yang disebabkan munculnya wabah Covid-19, sedikit banyaknya telah membawa pengaruh cara belajar mahasiswa SI PG-PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat mahasiswa Semester V terhadap perkuliahan daring dan apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, Adapun yang menjadi populasi yang peneliti ambil adalah mahasiswa semester V dengan teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dolumentasi, model analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, meliputi data reduction, data display, conclusion. Disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan perkuliahan daring mahasiswa semester V terpecah menjadi 2 kubu pro dengan alasan lebih banyak waktu bisa mengerjakan pekerjaan lain adapun kubu kontra dengan alasan perkuliahan kurang efektif dan efesien, untuk kelebihan sepakat dengan perkuliahan dapat dilakukan dari rumah masing, dan kekurangan masih terkendala sinyal yang kurang bagus, untuk nilai (IPK) mayoritas meningkat dari IPK semester sebelumnya.References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bachtiar, W. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: logos
Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media
Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.10. Jakarta:Rajawali Pers
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.Jakarta: Bumi Aksara
Kosmiyah, I. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Moleong, L.J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Roesdarkarya,
Molinda. M. (2005). Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey; Colombus press
Mutadi. (2007). Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran. Semarang; Balai Diklat
Narbuko. C dan Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian, Cet.14. Jakarta:Bumi Aksara
Nasution, S. (2006). Metode Reseacrh. Jakarta : Bumi Aksara
Sedarmayati dan Hidayat (2002). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sukiman. (2010. Pengembangan Media Pembelajaran. Jogjakarta: Pedagogia
Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Zulkifli. (2012). Pengertian Mobile Learning. [online]. Tersedia: http://blogzulkifli.wordpress.com/2012/01/21/pengertian-mobile-learning/#comments.[diakses pada 13 September 2020]
[online] tersedia dalam; https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19 [diakses pada tanggal 13 September 2020).