ANALISIS PERKULIAHAN DARING PADA SEMESTER V PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Joni Joni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2116

Keywords:

Perkuliahan Daring

Abstract

Perubahan system perkuliahan dari tatap muka menjadi daring yang disebabkan munculnya wabah Covid-19, sedikit banyaknya telah membawa pengaruh cara belajar mahasiswa SI PG-PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat mahasiswa Semester V terhadap perkuliahan daring dan apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, Adapun yang menjadi populasi yang peneliti ambil adalah mahasiswa semester V dengan teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dolumentasi, model analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, meliputi data reduction, data display, conclusion. Disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan perkuliahan daring mahasiswa semester V terpecah menjadi 2 kubu pro dengan alasan lebih banyak waktu bisa mengerjakan pekerjaan lain adapun kubu kontra dengan alasan perkuliahan kurang efektif dan efesien, untuk kelebihan sepakat dengan perkuliahan dapat dilakukan dari rumah masing, dan kekurangan masih terkendala sinyal yang kurang bagus, untuk nilai (IPK) mayoritas meningkat dari IPK semester sebelumnya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bachtiar, W. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: logos

Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.10. Jakarta:Rajawali Pers

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.Jakarta: Bumi Aksara

Kosmiyah, I. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Moleong, L.J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Roesdarkarya,

Molinda. M. (2005). Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey; Colombus press

Mutadi. (2007). Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran. Semarang; Balai Diklat

Narbuko. C dan Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian, Cet.14. Jakarta:Bumi Aksara

Nasution, S. (2006). Metode Reseacrh. Jakarta : Bumi Aksara

Sedarmayati dan Hidayat (2002). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sukiman. (2010. Pengembangan Media Pembelajaran. Jogjakarta: Pedagogia

Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Zulkifli. (2012). Pengertian Mobile Learning. [online]. Tersedia: http://blogzulkifli.wordpress.com/2012/01/21/pengertian-mobile-learning/#comments.[diakses pada 13 September 2020]

[online] tersedia dalam; https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19 [diakses pada tanggal 13 September 2020).

Downloads

Published

2021-09-30