Media Teka-teki IPA untuk Meningkatkan Inisiatif Belajar IPA Siswa SD Negeri 2 Klepu

Authors

  • Nanda Agung Nugroho Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21104

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di berikan pada siswa SD yang memuat istilah-istilah asing dalam konsepnya. Dalam meningkatkan inisiatif belajar IPA, pada penelitian ini dikembangkan sebuah media IPA berbentuk teka-teki yang merupakan suatu permainan mengisi ruang-ruang kosong dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata yang disebut Teka-Teki IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan menggunakan Teknik non tes yaitu kuesioner kepada ahli media, materi serta inisiatif belajar kepada siswa SD hasilnya menunjukkan bahwa hasil uji ahli validasi materi, Inisiatif Belajar, dan uji ahli media memperoleh hasil dengan rata-rata 90% dengan kategori “sangat tinggi”.dan uji praktis yang dilakukan memperoleh angka presentase 87% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji ahli dan uji praktis yang diperoleh menunjukan bahwa media pembelajaran Teka-Teki IPA yang dibuat sudah layak digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan inisiatif belajar IPA.

Downloads

Published

2023-01-12