Meningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Bergambar

Authors

  • Ita Mariani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.21040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak di TK tunas harapan. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak TK tunas harapan di dusun pangkalan buluh desa pangkalan tampoi kecamatan kerumutan kabupaten pelalawan propinsi riau, maka akan diterapkan metode cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui cerita bergambar, yakni kemampuan berbahasa pra siklus sebesar 23,07%, peningkatan kemampuan berbahasa siklus I sebesar 76,92 % dan peningkatan kemampuan berbahasa siklus II mencapai 92,30%. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui cerita bergambar juga didukung oleh beberapa indikator yaitu memahami isi cerita yang telah didengar, penambahan kosa kata, melanjutkan cerita yang telah didengar. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan kemampuan berbahasa ini juga didukung metode pendukung diantaranya adalah pemberian waktu untuk bereskplorasi dan pemberian motivasi berupa very good.

Downloads

Published

2023-09-30