Meningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.21040Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak di TK tunas harapan. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak TK tunas harapan di dusun pangkalan buluh desa pangkalan tampoi kecamatan kerumutan kabupaten pelalawan propinsi riau, maka akan diterapkan metode cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui cerita bergambar, yakni kemampuan berbahasa pra siklus sebesar 23,07%, peningkatan kemampuan berbahasa siklus I sebesar 76,92 % dan peningkatan kemampuan berbahasa siklus II mencapai 92,30%. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui cerita bergambar juga didukung oleh beberapa indikator yaitu memahami isi cerita yang telah didengar, penambahan kosa kata, melanjutkan cerita yang telah didengar. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan kemampuan berbahasa ini juga didukung metode pendukung diantaranya adalah pemberian waktu untuk bereskplorasi dan pemberian motivasi berupa very good.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).