Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Sistem pada Materi Sistem Tubuh Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.21034Abstract
Berpikir sistem adalah sistem keterampilan analitik sinergis yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan memahami sistem, memprediksi perilaku, dan merancang modifikasi untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik peserta didik terhadap kemampuan berpikir sistem materi sistem tubuh manusia pada peserta didik kelas XI SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah literature review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Artikel yang digunakan bersumber dari 1 data-base google scholar dengan memasukkan kata kunci instrumen, kemampuan berpikir sistem dan sistem tubuh. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dipaparkan melalui literatur revew maka kesimpulan yang dapat diambil pada artikel ini adalah (1) instrumen kemampuan berpikir sistem sudah dinyatakan valid (2) Rendah atau tingginya kemampuan berpikir sistem peserta didik dapat terjadi karena berbagai faktor.Downloads
Published
2023-12-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elvira Utami, Muhyiatul Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).