Pengembangan Model Media Flashcard untuk Mengenalkan Peran Gender pada Anak Usia Dini

Authors

  • Santa Idayana Sinaga Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Fifin Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.20890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model media flashcard dari kartu gambar menjadi model gambar yang tersusun sesuai dengan karakteristik peran gender dalam konteks berpakaian pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model ADDIE, terdiri dari tahap analyze, design, develop, implement, dan tahap evaluated. Instrumen pengembangan menggunakan observasi, tes perbuatan, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan model media flashcard dengan konteks pendidikan dapat meningkatkan pengenalan peran gender pada anak usia dini di TK N 01 Karang Agung Ilir. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes perbuatan yang mempunyai persentase nilai 91,7% dengan kategori sangat memahami.

Downloads

Published

2023-12-30