Manajemen Praktik Kerja Industri dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMKS Budi Agung Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.20776Abstract
Ketidaksinkronan antara kompetensi dasar di sekolah terhadap topik-topik pekerjaan atau tugas yang ada di tempat praktik menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui perencanaan praktek kerja industri, pengorganisasian prakerin, pelaksanaan prakerin, pengawasan dan evaluasi prakerin. Penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: Perencanaan Prakerin di SMK dilakukan dengan baik seperti dalam tahapan perencanaan kegiatan yaitu Pembuatan MoU, sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DUDI, penetapan tempat praktik dan guru pembimbing, sosialisasi, dan pembekalan. Pengorganisasian Prakerin sudah dilakukan dengan baik semua elemen sturktural dilibatkan dalam prakerin dan yang bertanggung penuh terhadap program prakerin. Pelaksanaan prakerin sudah dilaksanakan dengan baik selama 3 atau 4 bulan. Pengawasan dan evaluasi prakerin di SMK Swasta Budi Agung Medan sudah dilakukan dengan baik. Proses pengawasan dilakukan oleh guru pembimbing ke DU/DI. Sedangkan evaluasi dilakukan oleh semua sturuktural termasuk guru pembimbing.Downloads
Published
2023-11-18
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).