Manajemen Praktik Kerja Industri dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMKS Budi Agung Medan

Authors

  • Nurul Widyawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.20776

Abstract

Ketidaksinkronan antara kompetensi dasar di sekolah terhadap topik-topik pekerjaan atau tugas yang ada di tempat praktik menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui perencanaan praktek kerja industri, pengorganisasian prakerin, pelaksanaan prakerin, pengawasan dan evaluasi prakerin. Penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data  wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: Perencanaan Prakerin di SMK dilakukan dengan baik seperti dalam tahapan perencanaan kegiatan yaitu Pembuatan MoU, sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DUDI, penetapan tempat praktik dan guru pembimbing, sosialisasi, dan pembekalan. Pengorganisasian Prakerin sudah dilakukan dengan baik semua elemen sturktural dilibatkan dalam prakerin dan yang bertanggung penuh terhadap program prakerin. Pelaksanaan prakerin sudah dilaksanakan dengan baik selama 3  atau 4 bulan. Pengawasan dan evaluasi prakerin di SMK Swasta Budi Agung Medan sudah dilakukan dengan baik. Proses pengawasan dilakukan oleh guru pembimbing ke DU/DI. Sedangkan evaluasi dilakukan oleh semua sturuktural termasuk guru pembimbing.

Downloads

Published

2023-11-18