Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV Menggunakan Model Patriot di SDN Bluru 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.20774Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui pengguna model Patriot pada pembelajaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan meningkatkan aktivitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Bluru 2. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik meningkat Dapat disimpulkan bahwa model Patriot dapat meningkatkan aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.Downloads
Published
2023-10-29
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).