Pengaruh Media Manipulatif terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Hilma Mithalia Shalihat Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sondang Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Destri Clara Br Tarigan Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.20358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses media manipulatif dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Manfaat media manipulatif juga memberikan kemudahan bagi guru dalam mempersentasikan materi pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia dini serta dapat juga memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai yang dibuat sedemikian rupa sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Jenis Penelitian ini menggunakan (Library Research) atau Kajian Literatur yang hasil penelitian diperoleh dari beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun sangat bermanfaat, berpengaruh dan meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, manfaat dari penggunaan macam-macam manipulatif adalah membuat anak lebih mudah mengenal konsep bilangan karena metode ini menyenangkan dan tidak membosankan. Kesimpulannya adalah macam-macam media manipulatif sangat cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Published

2022-06-30