Pengaruh Media Manipulatif terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.20358Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses media manipulatif dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Manfaat media manipulatif juga memberikan kemudahan bagi guru dalam mempersentasikan materi pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia dini serta dapat juga memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai yang dibuat sedemikian rupa sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Jenis Penelitian ini menggunakan (Library Research) atau Kajian Literatur yang hasil penelitian diperoleh dari beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun sangat bermanfaat, berpengaruh dan meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, manfaat dari penggunaan macam-macam manipulatif adalah membuat anak lebih mudah mengenal konsep bilangan karena metode ini menyenangkan dan tidak membosankan. Kesimpulannya adalah macam-macam media manipulatif sangat cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).